Pentingnya Kecerdasan Emosional (EQ)

esq

Pada hakikatnya manusia dibekali dengan 3 kecerdasan utama yaitu :

  1. Intellegent Quotion(IQ)
  2. Emotional Quotion (EQ)
  3. Spiritual Quotion (SQ)

esq 2

Intellegent Quotion (IQ) merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan akademik dan kecerdasan otak. Sedangkan Spiritual Quotion (SQ) merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan kecerdasan spiritual atau keagamaannya. Nah,,sedangkan apa yang disebut dengan Emotional Quotion itu?? Inilah yang akan saya bahas berikut ini.

1.  Apa yang dimaksud dengan kecerdasan emosional  (EQ) itu ?

Kecerdasan Emosional (EQ) ialah suatu kekuatan yang sangat penting di samping kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dan kecerdasan ini berdasarkan pada attitude atau sikap kita terhadap orang lain.

2. Mengapa dianggap penting kecerdasan emosional itu ?

Karena kecerdasan ini merupakan bagian dari 3 kecerdasan yang dianugerahkan oleh tuhan kepada kita. Dan apabila kita tidak ada kecerdasan emosional ini maka keseimbangan hidup seseorang tidak akan tercapai di dalam menjalannkan peranannya sebagai individu, bahkan sangat berpengaruh kepada lingkungan sekitar kita dan sosial, karena berhubungan dengan sikap kita kepada orang lain.

3. Bagaimanakah caranya supaya kecerdasan emosional seseorang tidak terjadi ketimpangan ?

Ada beberapa cara untuk menjaga agar kecerdasan emosional seseorang tidak terjadi ketimpangan, antara lain :

  1. Menghilangkan budaya bahwa saya lebih pintar dari orang lain.
  2. Selalu bisa menempatkan diri dimanapun kita berada.
  3. Dapat mengaplikasikan pikiran dan perasaan kita yand sesuai dengan porsi dan tempatnya secara tepat.
  4. Selalu membuat skala prioritas ( yang utama, yang penting, yang biasa, yang tidak perlu) dalam melaksanakan program hidup kita.

4. Apakah dampaknya jika kecerdasan emosional seseorang rendah ?

Rendahnya kecerdasan emosional (EQ) seseorang akan menganggunya dalam mencapai kesuksesan pribadinya. Karena ketiga kecerdasan ini saling berhubungan erat. Jika kecerdasan intelektual kita bagus atau akademik kita baik, dan juga kecerdasan spiritual kita bagus kita sering beribadah kepada tuhan, tapi kalo kecerdasan emosional atau sosialisasi dan attitude kita kepada orang lain rendah, kita bakal diasingkan oleh orang lain. Malahan kita akan merasa pintar sendiri dari orang lain, sombong, dan angkuh terhadap orang lain.  Jika kecerdasan intelektual kita bagus, kecerdasan emosional kita bagus, tapi kita tidak pernah berhubungan dengan tuhan, jarang beribadah dan sebagainya maka, percuma saja tujuan hidup kita kan tidak hanya mengejar dunia saja, tapi kehidupan akhirat pun merupakan target utama kita. Jika kecerdasan emosional kita bagus dan kecerdasan spiritual kita bagus sedangkan kecerdasan intelektual kita rendah, maka ilmu dunia kita tidak punya dan dampaknya sangat besar.

Berdasarkan pendapat Dr. Goleman, ia menyatakan bahwa hanya 20 % kecerdasan IQ memberikan sumbangan (kontribusi) di dalam kesuksesan, sedangkan yang 80% merupakan bagian dari pendukung lainnya yaitu kecerdasan emosional (EQ). Jadi, kecerdasan emosional (EQ) ini sangatlah penting dan sangat perlu juga untuk dikembangkan, dan merupakan hal yang paling berharga dalam tiap diri manusia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: